Apakah
Anda tahu bahwa program Notepad sederhana di komputer Anda sebenarnya
adalah alat pemrograman yang sangat kuat? Itu benar, dan itu juga sangat
mudah dipelajari. Dalam artikel ini WIAR akan menunjukkan kepada Anda
bagaimana untuk membuat game sederhana dengan hanya menggunakan program
Notepad dan bahasa pemrograman yang disebut "Batch."
Batch adalah bahasa yang berjalan terutama dari command prompt Windows Anda. Sekarang, itu bahkan tidak dekat untuk menjadi bahasa pemrograman yang paling kuat di luar sana, tapi masih kita Anda lakukan cukup untuk menjadi sangat berguna untuk mengetahui (setidaknya bagi siapa pun di bidang komputer).
Tidak hanya itu berguna, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat game berbasis teks menakjubkan! Apa adalah permainan berbasis teks Anda bertanya? Ini adalah permainan (yang sangat sederhana) di mana pengguna berinteraksi melalui penggunaan teks dan pilihan-making.You akan belajar cara mengatur situasi di mana karakter akan harus membuat pilihan tentang bagaimana mereka ingin mendekati masalah.
Batch adalah bahasa yang berjalan terutama dari command prompt Windows Anda. Sekarang, itu bahkan tidak dekat untuk menjadi bahasa pemrograman yang paling kuat di luar sana, tapi masih kita Anda lakukan cukup untuk menjadi sangat berguna untuk mengetahui (setidaknya bagi siapa pun di bidang komputer).
Tidak hanya itu berguna, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat game berbasis teks menakjubkan! Apa adalah permainan berbasis teks Anda bertanya? Ini adalah permainan (yang sangat sederhana) di mana pengguna berinteraksi melalui penggunaan teks dan pilihan-making.You akan belajar cara mengatur situasi di mana karakter akan harus membuat pilihan tentang bagaimana mereka ingin mendekati masalah.
Sedikit Pengingat
Aku ingin pergi selama beberapa hal yang cepat sebelum kita masuk ke kode aktual. Hal pertama adalah bahwa semua perintah Anda harus disimpan pada baris yang berbeda. Jadi setelah Anda mengetik sesuatu di, dan dilakukan dengan apa yang akan berada di baris tersebut, tekan tombol "enter" tombol pada keyboard Anda untuk berpindah ke baris berikutnya.
Hal kedua yang saya ingin menyebutkan adalah bahwa batch file dibaca dari atas ke bawah. Ini berarti bahwa ketika Anda menjalankan file batch, semua kode di atas akan ditafsirkan dan akan dijalankan sebelum kode Anda di bagian bawah. Konsep inilah yang memungkinkan beberapa hal aku akan mengajarkan Anda, untuk bekerja. Jika misalnya Anda menempatkan "echo" komando dan di tempat baris berikutnya "cls" perintah, semua teks Anda akan dihapus tanpa pemain Anda mendapatkan untuk membacanya (ini akan lebih masuk akal nanti).
Jika Anda pernah memiliki masalah dan permainan Anda tidak bekerja dengan benar, pastikan Anda kembali dan memastikan bahwa Anda tidak membuat kesalahan ini.
Memulai Notepad
Mari kita mulai dengan membuka Notepad:
Klik pada ikon menu start dan pergi ke "All Programs." Daftar semua program di komputer Anda akan muncul, bersama dengan sebuah file yang bernama "Accessories." Pergi ke folder aksesoris dan Anda harus menemukan Notepad, klik di atasnya untuk memulai.
Kode!
Sekarang Anda siap untuk mulai mengetik baris pertama Anda kode, serta
belajar Anda perintah pertama. Perintah masing-masing dari kata-kata
yang kita ketik untuk program yang memiliki fungsi; seperti echo, atau perintah pause.
@echo off, echo, echo. dan pause
Perintah pertama saya akan mengajarkan Anda sangat sederhana, namun,
mereka memainkan bagian penting dalam proses coding (terutama jika Anda
membuat permainan!).
@echo off - Perintah ini digunakan untuk menghapus semua teks
yang tidak perlu yang dapat mengganggu permainan Anda. Ini harus selalu
ditambahkan pertama; setelah itu ditambahkan ke file, tidak harus
mengetik lagi.
@echo digunakan untuk menampilkan teks biasa dalam
permainan Anda. Misalnya Anda dapat mengetik: "! Gema Halo petualang",
dan orang-orang bermain game Anda akan lihat adalah "Hello petualang!"
(Selama Anda mengetik @ Echo off).
@Echo. (dengan periode) digunakan untuk membuat baris kosong dalam permainan Anda. Hal ini dapat berguna dalam menjaga teks rapi.
@Pause- Perintah ini digunakan bila Anda ingin pemain untuk
beristirahat, dan yang paling sering digunakan ketika Anda ingin memberi
mereka waktu untuk membaca beberapa teks. Bila Anda menggunakan kode
ini muncul sebagai "Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan..." Pemain
kemudian dapat menekan tombol apa saja, ketika mereka siap, untuk terus
bermain.
cls, Exit, Title, dan Color
Ok, ini set berikutnya perintah semua benar-benar sederhana juga, tapi bagus untuk memiliki.
cls - cls adalah perintah yang saya gunakan banyak. Ini adalah
singkatan dari "layar yang jelas", dan apa yang dilakukannya adalah
menghapus semua teks yang telah dibuat dalam jendela command prompt
(ergo, membuat kosong layar). Ini adalah alat yang baik ketika Anda
ingin menyimpan permainan Anda mencari bersih dan teratur.
exit - Ini tidak persis apa yang terdengar seperti, menutup
permainan. Anda hanya harus menggunakan ini ketika karakter mencapai
akhir pertandingan, atau jika Anda ingin permainan untuk menutup ketika
mereka mati atau membuat keputusan yang salah.
menampilkan Title apapun yang ditulis setelah itu di bar Title jendela command prompt - Title.
Color - Color adalah perintah yang benar-benar menyenangkan, dan dapat
digunakan untuk menghidupkan permainan Anda. Ketika Anda menambahkan
kode Color, diikuti dengan spasi dan satu set tertentu dari angka atau
huruf, Anda dapat mengubah Color dari jendela command prompt. Untuk
daftar Color yang tersedia lihat gambar di bawah atau membuka command
prompt dan ketik "Color /?".
Anda dapat mengakses command prompt dengan pergi kembali ke folder
aksesoris di start menu. Ini harus dalam daftar yang sama dengan
Notepad.
Mari kita Menggunakan fungsi Istirahat (jeda)
Mari kita berhenti sejenak dan melihat apa yang kita miliki sejauh ini.
Saya telah menunjukkan Anda beberapa perintah dasar, dan telah
mengajarkan Anda bagaimana untuk menggunakannya. Ingat bahwa setiap
perintah harus pergi pada garis yang berbeda (jadi tekan tombol "enter"
setelah Anda selesai dengan setiap perintah). Lihatlah gambar di sebelah
kanan, sehingga cara Anda dapat yakin bahwa Anda tahu tentang apa file
Anda akan terlihat seperti.
goto
"goto" perintah sederhana, setelah Anda mendapatkan untuk tahu itu.
Perintah ini digunakan bila Anda ingin seorang pemain untuk melompat ke
bagian yang berbeda dari permainan Anda, seperti ketika mereka membuat
keputusan tertentu.
Ia bekerja dengan cara ini:
Anda memasukkan "goto" perintah pada baris terpisah, atau pada
akhir sebuah "jika" pernyataan (yang kita akan membahas nanti). Anda
kemudian menentukan variabel yang akan menjadi nama tujuan. Nama bisa
apa saja yang Anda inginkan, dan terdiri dari kata (s) yang ditulis
setelah "goto".
Untuk menentukan tujuan Anda:
Pindah ke baris baru kode, langsung di atas di mana Anda ingin player
Anda untuk memulai. Ketik usus ':' diikuti dengan nama tujuan.
set / p dan if
Perintah ini adalah perintah yang paling canggih yang saya akan mengajar
Anda. Mereka berdua harus mengatur dengan cara tertentu dan juga
bekerja sama dengan beberapa lainnya, perintah yang lebih kecil agar
dapat berfungsi dengan benar.
set / p variabel = - Perintah ini digunakan bila Anda ingin
player Anda untuk memasukkan variabel (jawaban yang bervariasi). Ini
bisa di mana saja dari nama mereka dengan nama senjata atau bahkan
jawaban salah satu pilihan yang telah Anda berikan kepada mereka. Sering
kali variabel ini akan dirujuk kemudian, dan karena itu harus diberi
nama. Nama bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan (tapi ingat bahwa
Anda mungkin mengetik di banyak ketika membuat permainan Anda). Saya
pikir itu akan mudah jika saya memberi Anda beberapa gambar yang
menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat variabel.
set /p name =
Lihat bagaimana saya menggunakan "echo" perintah untuk meminta pemain saya apa namanya? Saya kemudian pergi ke depan dan ketik:
set /p name =
Ini adalah di mana pemain saya akan mengetik namanya. "Nama" Sejalan ini
adalah variabel saya. Dalam arti apa yang kita lakukan adalah
pengaturan (set) variabel (nama) untuk sama (=) apa pun jenis pengguna.
Kita dapat referensi variabel ini kemudian dengan menempatkan nama variabel dalam dua '%' simbol. Sebagai contoh:
echo Halo nama%%, nama saya Habib Rohman.
Ini akan memberi makan apapun pemain mengetik, kembali kepadanya dalam bentuk teks.
if - perintah ini digunakan ketika kita membuat if / kemudian laporan.
Kita dapat menggunakannya dalam hubungannya dengan "set / p" dalam
rangka menciptakan pilihan untuk pemain.
1. Tanyakan pemain pertanyaan dengan "echo" perintah. Pastikan dengan jelas menyatakan pilihan mereka.
2. Memberi mereka kemampuan untuk memasukkan jawaban dengan "set / p" perintah.
3. Buat "if" pernyataan yang memungkinkan pilihan pemain untuk memiliki
konsekuensi, dan yang memungkinkan cerita untuk melanjutkan.
"if" pernyataan yang digunakan dengan "equ" dan "neq" yang berarti "sama" dan "tidak sama dengan", masing-masing.
Ini adalah bagaimana pernyataan Anda akan terlihat:
:startSemua kode ini berarti bahwa jika jenis pemain dalam "YA" dia akan dikirim ke "situation1"; jika dia jenis dalam "NO" dia akan dikirim ke "situation2"; jika dia jenis dalam tidak "YA" atau "TIDAK" dia akan dikirim kembali ke awal pertanyaan.
echo YA atau TIDAK?
set /p variable=
if %variable% equ YA goto situation1
if %variable% equ TIDAK goto situation2
if %variable neq YES goto start
Ingat ketika saya katakan sebelumnya bahwa perintah Anda menulis hal-hal kode Anda? Jika Anda mengetik di "neq YES" kode sebelum "equ NO" kode, pemain Anda tidak akan pernah bisa sampai ke "situasi 2".
Penyimpanan
Hal terakhir yang saya butuhkan untuk menunjukkan bagaimana melakukannya
adalah untuk menyimpan file Anda. Setelah Anda semua selesai, klik
"file" tombol di bagian atas layar, kemudian klik "Save As." Ini akan
menampilkan jendela di mana Anda dapat membuat nama untuk Anda game dan
menyimpannya di manapun Anda inginkan. Namun, Anda perlu memastikan
bahwa Anda menyimpannya sebagai (bat) Batch file dan bukan sebagai file
teks biasa (.txt).
Untuk melakukan hal ini, setelah Anda mengetikkan nama permainan Anda
tambahkan Kelelawar belakangnya. Anda kemudian harus pergi ke "Save as
type" dan pilih "All Files."
Maka Anda selesai! Yang harus Anda lakukan adalah tekan tombol "save" tombol.
Ingat, Anda dapat mengedit permainan Anda setiap saat dengan mengklik kanan pada file batch dan memilih "edit."
kesimpulan
Ini semudah itu! Dengan hanya beberapa perintah pendek yang saya ajarkan (echo off, echo, cls, pause, color, goto, dll)
Anda bisa berada di jalan untuk membuat game berbasis teks yang sangat
besar dan kompleks. Selalu periksa kode Anda untuk memastikan bahwa Anda
mengetik semuanya dengan benar, dan jika Anda memiliki pertanyaan
jangan ragu untuk memberikan komentar dan saya akan kembali kepada Anda
sesegera mungkin. semoga behasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar